Daily Class
Siswa tidak hanya akan diajarkan dengan pelajaran tetapi mereka akan terlibat dalam beberapa proyek dan kegiatan yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan lebih banyak pemahaman tentang pelajaran itu sendiri. Kami menerapkan metode Pembelajaran Berbasis Masalah dalam mengajar siswa kami. Dengan melakukan ini, siswa tidak hanya memahami teori dari beberapa pelajaran tetapi mereka dapat memperoleh, setidaknya, tingkat ketiga Taksonomi Bloom (menerapkan).
Religion dan Character Building Classes
Salah satu misi Fikar School adalah mewujudkan generasi muda Indonesia yang berjiwa leadership, entrepreneurship dan religious. Untuk mewujudkan yang terakhir, kami memberikan siswa kelas agama setiap minggu. Hal ini tidak seperti pada kelas agama pada umumnya yang menitik beratkan pada ceramah guru, namun materi yang diberikan lebih pada tindakan-tindakan yang didasari oleh nilai-nilai agama sehingga siswa mampu langsung menerapkan tindakan-tindakan tersebut dalam kehidupan nyata. Ketika tindakan tersebut dilakukan dan diawasi secara terus menerus, siswa menginternalisasi nilai-nilai agama dan menjaganya hingga dewasa.
Selanjutnya, setiap manusia perlu memiliki perkembangan akal dan mental (IQ dan EQ) karena dunia akan menghargai orang-orang pintar yang berakhlak mulia, bukan orang-orang pintar yang tidak berperilaku baik. Kelas pembentukan karakter bertujuan untuk membentuk siswa-siswa berkepribadian hebat yang akan membawa setiap nilai luhur dalam berperilaku ke dalam masyarakat yang sebenarnya. Sehingga mereka akan memainkan perannya dalam masyarakat dengan baik sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di dalamnya.
Fieldtrip dan Outing Classes
Fieldtrip dan outing class merupakan program pembelajaran yang memanfaatkan kehebatan alam dengan menggunakan experiential learning dimana mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut tidak hanya menghadapi tantangan intelektual saja namun juga tantangan fisik dan mental. Mereka terus dibentuk menjadi sebuah pengalaman yang memanfaatkan siswa dalam menghadapi tantangan yang lebih nyata dalam kompetisi sosial.
Extracurricular Activities
Untuk memfasilitasi siswa dengan potensi dan bakat yang berbeda, Fikar School menyelenggarakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar sekolah. Kami berkolaborasi dengan beberapa sekolah bakat seperti sekolah musik, sekolah sepak bola dan sekolah melukis untuk memaksimalkan bakat siswa. Dengan memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan siswa, mereka dapat mengembangkan setiap bakat yang mereka miliki dan pada akhirnya dapat mendukung pencapaian rencana hidup yang telah mereka buat sebelumnya.
Dengan kombinasi dari semua konsep pendidikan tersebut di atas, kami bekerja untuk mewujudkan generasi yang tidak hanya hebat secara akademik tetapi juga hebat secara emosional dan spiritual.
Coaching
Sesi Coaching dilakukan secara rutin dan privat oleh Coach dan setiap siswa Sekolah Fikar. Ada tiga hal yang mempengaruhi sesi coaching. diantaranya:
Talent Test
Tes bakat dilakukan untuk menganalisis kecerdasan yang dimiliki siswa. Ini berkaitan dengan teori Multiple Intelligences oleh Howard Gardner yang mengkategorikan kecerdasan menjadi delapan. yaitu:
- Spatial – visual intelligence
- Linguistic – verbal intelligence
- Interpersonal intelligence
- Music intelligence
- Bodily – kinesthetic intelligence
- Intrapersonal intelligence
- Logic – mathematic intelligence
Ini adalah cara pertama namun bukan hal yang sepenuhnya ditentukan dalam sesi pembinaan. Ia hanya digunakan sebagai kerangka dasar berpikir tentang kombinasi kecerdasan siswa yang dapat menjadi potensinya.
Sharing Session
Dalam sesi berbagi, setiap siswa akan membangun rencana masa depannya. Ini akan menjadi diskusi yang hidup antara coach dan siswa. Rencana tersebut akan dimonitor setidaknya sebulan sekali untuk mengontrol pencapaiannya.
Observation
Karena tidak ada tes bakat tunggal yang hasilnya 100% akurat, kami menjadikannya hanya sebagai salah satu alat yang digunakan dalam sesi pembinaan. Kami menggunakan observasi sebagai salah satu alat yang efektif untuk melihat potensi siswa. Setiap komponen sekolah akan mengamati setiap kegiatan siswa di sekolah dan mendiskusikannya dalam rapat guru. Sehingga coach bisa mendapatkan gambaran yang lebih untuk mengembangkan potensi setiap siswa.
Dengan melakukan ketiga hal tersebut, kami yakin dapat menggali, mengembangkan dan menjaga potensi setiap siswa di Fikar School. Dengan demikian, setiap siswa di Fikar School akan berkembang dengan baik sesuai dengan potensinya.
Dengan kombinasi dari semua konsep pendidikan tersebut di atas, kami bekerja untuk mewujudkan generasi yang tidak hanya hebat secara akademik tetapi juga hebat secara emosional dan spiritual.